Sabtu, 17 Desember 2011

Padat Teknologi, Padat Modal, Padat Resiko



Tgl 15 Des 2011 adalah hari terakhir di CEPU. Setelah bergulat kurang lebih 8 minggu lebih, akhirnya step 3 dari rangkaian pelatihan di perusahaan plat merah ini akan memasuki fase berikutnya, yaitu Balongan Cirebon.

Sudah banyak hal yang aku alami dan terima di kota yang terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini. Kegiatan-kegiatan yang ada telah memberi warna berikutnya bagi perjalanan hidupku. Di sini aku dibina dan dilatih untuk lebih baik lagi mengenali diriku, potensi dan kelemahanku, serta lingkungan sekitar.

Pagi hari sebelum beranjak meninggalkan asrama Vyatra 5 yang telah menjadi rumahku selama 2 bulan terakhir, ada pengarahan dari Bp. Tugas selaku  kepala AKAMIGAS STEM. Beliau memberikan amanah, kesan dan saran bagi kami, alumnus STEM, agar apa-apa yang telah diajarkan menjadi modal yang berharga di lingkungan kerja yang sebenarnya nanti. Juga ditekankan agar selalu menjaga almamater dari kampus STEM, karena semua petinggi yang sekarang menjabat di perusahaan plat merah ini, dulunya juga bersekolah di tempat yang sama. Sekarang semuanya sudah menyebar ke seluruh indonesia bahkan luar negeri.

Dijelaskan pula bahwa lingkungan kerjaku nanti memiliki karakteristik yang PADAT TEKNOLOGI, PADAT MODAL, dan PADAT RESIKO. 

PADAT TEKNOLOGI disini dimaksudkan bahwa teknologi yang digunakan dalam kilang selalu update dan terbarukan . Jadi senantiasa dituntut untuk harus selalu mengikuti perkembangan jaman dan persaingan dengan para kompetitor lainnya.

PADAT MODAL maksudnya bahwa semua peralatan dan teknologi yang digunakan dalam bisnis migas ini memiliki nilai uang dan investasi yang luar biasa besar, jadi harus benar-benar hati dalam segala pengelolaannya.

PADAT RESIKO. Safety first.Hal ini yang sangat penting untuk diperhatikan.Karena kondisi di lapangan yang sangat rawan dengan adanya accident hingga dibutuhkan kewaspadaan, kecermatan dan tanggung jawab yang tinggi. Tidak boleh sedikitpun main-main atau menyepelekan hal-hal yang kecil. Bagaimanapun karena masih baru dan belum berpengalaman, jika tidak tahu mending bertanya daripada sok tahu dan membuat orang lain celaka. Walaupun mungkin secara basic teoritis keilmuan sudah oke. Tetapi tetap saja praktek dan teori itu berbeda.

Good Bye CEPU, thanx for all great experiences....

Pi 
*) Experiences will give you reason to move on, not only to be thought but also felt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar