Minggu, 18 Desember 2011

GAP


Senior berpesan :

“Baik-baiklah kalian membawa sikap di lapangan nanti, karena yang akan kalian hadapi adalah orang-orang yang lebih senior baik secara ilmu maupun pengalaman, walaupun pada kenyataannya secara sistem mereka nantinya akana menjadi bawahan dan pendukung kalian. Jangan pernah membuat gap, atau kalian akan menyesal”

Pernyataan di atas bukanlah suatu ancaman tapi suatu nasihat yang memenag benar begitu adanya <karena aku pernah mengalami hal yang serupa di perusahaan yang lama>. Yang harus digaris bawahai adalah istilah GAP atau bisa diartikan celah, batas atau jurang pemisah yang menyebabkan seseorang mengambil sikap untuk membatasi dan memberi jarak, karena adanya perbedaan status atau kedudukan yang lebih daripada yang lain. Apapun statusnya itu, jabatan, kelimuan, kepandaian,apapun itu.

Kalau belum pernah mengalami sendiri memang akan sulit untuk meng-intepretasikan dengan benar. Kadang kita tak sadar sudah membuat gap dengan teman, bawahan, bahkan atasan, dan merasa semua baik-baik saja. Baru setelah terkena efek adanya gap itu, baru tersadar dan terasa gak enaknya.Dari awal aku berusaha untuk membekali diri untuk tidak melakukan itu. 

Berdasarkan pengalaman yang lalu di perusahaan lama saat menghadapi rekan kerja yang lebih senior dan expert, kita harus mampu memilah antara saat narus bersikap tegas maupun saat harus mengayomi mereka dengan baik, sehingga nyaman bekerja dengan baik. Sebenarnya cara paling cepat dan baik adalah membina hubungan baik di luar pekerjaan, misalnya dengan olahraga bersama, menyamakan hobby < memancing, sepeda dll>, juga berkenalan dengan keluarga mereka. 

Berhubung aku gak jago olahraga, jadi aku memilih cara yang kedua dan ketiga dan mungkin cara lainnya. Sesuaikan saja dengan kondisi di lapangan. Bekerja sambil belajar dan terus belajar setiap saat.

Pi

*) Knowing your self-ability & position, and you’ll know what others need from you.


> Coba cek link tetangga berikut : Mengatasi bawahan yang sulit , tips untuk menjadi atasan yang disukai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar