Selasa, 20 Desember 2011

Jadi ini Namanya Kilang?


Kemarin rombonganku berkunjung ke salah satu kilang minyak perusahaan ini. Tepatnya di RU (Refinery Unit) VI Balongan. Dari Cirebon kira-kira 1 jam perjalanan tanpa macet dengan bus. Kilang ini dikelilingi oleh areal persawahan yang cukup luas yang menjadi pembatas nya dengan pemukiman warga sekitar. Sepanjang pengamatanku juga tak terlihat banyak perumahan di sekitar kilang.

Berdasarkan informasi dari instruktur lapangan, Kilang ini sering disebut dengan kilang selebriti. Karena kilang ini adalah jantung supply minyak ke ibu kota Jakarta. Oleh karenanya mendapat pantauan sangat ketat dari pusat dan tidak diperbolehkan ada kesalahan atau tersendat-nya produksi di kilang ini. Jika sampai terjadi, pasokan bahan bakar ke jakarta akan mengalami masalah. Padahal awal perancangan kilang ini adalah untuk Export Oriented, tapi sesuai perjalanan waktu, karena kebutuhan premium di ibu kota ternyata dari tahun ke tahun semakin besar, akhirnya hasil produksinya dialihkan untuk supply domestik, khususnya DKI Jakarta.


Heran juga sebenarnya, padahal sudah ada imbauan dan pembatasan subsidi terhadap pemakaian premium untuk orang mampu, tapi sepertinya orang Indonesia ini memang susah untuk diajak kerjasama dan kurang tahu malu sehingga orang yang mampu pun masih menggunakan premium. Gak sombong juga bahwa aku sudah menggunakan pertamax pada motorku. Selain karena motorku gak bagus kalo menggunakan premiun, tapi itung-itung sadar diri untuk tidak mengambil jatah rakyat yang kurang mampu.

Setelah mendapatkan pengetahuan sekilas mengenai kilang ini, kami diajak untuk berkeliling kilang naik bus < gak ngebayangin deh kalo keliling pake jalan kaki...pasti gempor kakinya >. Yang menarik ternyata untuk para karyawan kilang sudah disediakan sepeda warna kuning untuk operasional di lapangan. Good habbit... bike to work....

Melihat dari dalam bus, terlihat beragam bagian dari kilang itu sendiri, kami bandingkan dengan apa yang sudah diterima saat di AKAMIGAS STEM kemarin. Bagi teman-teman yang sudah pernah bekerja di kilang pasti sudah familier dengan benda-benda rumit nan ajaib itu. Mungkin karena aku belum terbiasa, jadi aku merasa takjub dengan konstruksi bangunan-bangunan dan komponen raksasa yang sungguh megah dan canggih tersebut.

Ada berbagai macam komponen seperti, CDU, RCC, Water Treatment, Boiler, Furnace, Pre Heater, Flare Tower, Reformer/Platformer, Centrifugal Pump, Hydrogen Plant, tanki timbun, Spherical tank untuk LNG dll. Juga pipa-pipa yang bervariasi ukuran dan panjangnya yang luar biasa serta keruwetan konstruksinya.


Untuk Balongan  ini sendiri adalah kilang dengan tingkat kompleksitas tertinggi di Indonesia karena konfigurasi antar bagian yang saling support dan terkait. Dengan kata lain untuk mengejar efisiensi dari energi, hasil sampingan semisal panas dan tekanan yang dihasilkan oleh satu komponen akan dimanfaatkan oleh komponen yang lain sehingga membentuk semacam siklus. Sehingga tidak akan ada energi yang terbuang percuma. Akan tetapi jika terjadi gangguan pada satu komponen akan berpengaruh pada performa proses secara keseluruhan, sehingga kelancaran proses produksi menjadi hal yang sangat krusial.

Setelah berputar kami diajak ke ruang control utama, untuk melihat proses pengaturan secara terintegrasi dengan apa yang disebut DCS ( Distributed Control System ). Sebenarnya di perusahaan dengan skala besar sistem ini sudah familier untuk digunakan, cuman karena basic ilmu ku bukan instrumentasi ataupun elektronika jadi aku hanya bisa mengangguk-angguk saja saat menerima penjelasan.

Anyway, cukup menyenangkan dan menarik untuk mengetahui sekilas tentang overview kilang secara langsung di lapangan walaupun tidak bisa optimal karena keterbatasan waktu. Tapi akan banyak waktu untukku belajar nanti, karena aku akan segera menjadi bagian dari perusahaan ini, meskipun aku akan berada di kilang yang berbeda walaupun tak terlampau jauh beda juga. Semangat!!!

Be prepared well and do the best... 
CILACAP, here I come.....

Pi

*) Knowing your land, preparing the weapon,keep the sprit and start to the battlefield... MOVE ON !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar