Jumat, 09 Desember 2011

Beda Negara, Beda Budaya = Beda Nasib ??

Pagi ini habis makan pagi gw jalan kaki sama temen gw si mila, sebenernya ga ada yang terlalu istimewa sih sepanjang perjalanan kita kira kira 500 meter menuju kantor.. yang istimewa Cuma rasa mie ayamnya aja pagi ini hehehhe *diselipin rasa istimewa karena besok bakalan ketemu denmas ;-) “

Hampir sampe deket kantor, gw ngeliat salah satu manajemen”jepang” di kantor gw lagi mungutin sampah kaya pemulung dengan jarak yang cukup jauh dari kantor gw, dan lebih anehnya lagi dia mungutin sampah di depan kantor orang hehehehehe..

Pertama ngeliat itu gw sama mila komen gini “rajin amat tuh si botak sampe ke kantor orang di bersihin”, awalnya komen kita emang ngejek “kebodohan” si jepun karena sampe mulungin sampah ampe ujung – ujung kantor orang..

Tapi sambil jalan menuju kantor gw juga liat Direktur “jepang” gw ngelakuin hal yang sama, mungutin sampah. Yang tadi nya obrolan gw mengejek para orang orang atas yang mungutin sampah berubah menjadi bahan renungan buat gw…

Di kantor gw emang baru berjalan sekitar kurang lebih 6 bulan ada aktivitas baru yaitu Clean day dan dilakukan pada hari jumat. Nah biasanya di hari jumat ini, waktunya untuk bersih bersih dengan cara mungutin sampah yang berserakan disekitar lingkungan kantor. Untuk mendukung aktivitas tersebut dari dept EHS ( Environment Health and Safety ) menyediakan capitan untuk ngambil sampah dan kantong plastiknya.

Yang menarik disini, aktivitas ini di lakukan pada jam 7 pagi (kantor gw masuk jam 7.30) dan petugasnya adalah levelan Departement Head (Manager) keatas baik local maupun jepang. Mungkin aktivitas ini dilakukan supaya para bawahan juga bisa mencontoh, wong bos nya aja mau jaga kebersihan dan mungut sampah masa anak buahnya malah buang sampah sembarangan.

Sebenernya yg jadi bahan renungan dan mau gw bahas disini bukan kegiatan clean day nya, tapi adalah siapa yang melakukannya….

Hampir 80% yang melakukan adalah orang Jepang, bukan orang local!

Bahkan sampe yang levelnya direktur pun turun tangan untuk melakukan hal yang sama tanpa perbedaan atas jabatannya… wajah mereka keliatan banget ikhlas ngelakuinnya, ga ngerasa malu, gak sok jijik .. pokonya mereka ngelakuin tugasnya dengan maksimal.. bahkan sampe ada yang kantong plastiknya penuh banget sampahnya.

Terus kemana yang local????? Gw liat sekitar ada yang baru markir mobil, ada yang dengan santai jalan masuk ke ruangannya, dan mungkin ada yang belum datang ….

Dalam hati gw bergumam “” hhhhmmmmmhh pantesan orang indonesia jadi bawahan orang jepang, dan pantesan kita masih di jajah sama jepang.. liat aja etos kerja, cara kerja dan gaya orang Indonesia “…

Nah dari hasil kesimpulan renungan gw, dan hasil pengamatan gw gini deh kira kira gambaran yang gw tangkep :

1. Orang – orang Jepang yang ada di kantor gw itu mereka sangat menghormati atasannya. Perintah atasannya selalu mereka lakukan. Kenapa mereka mau ngelakuin perintah atasannya ?? hal yang gw lihat adalah karena saat si atasan memerintahkan sesuatu kepada anak buahnya, diapun melakukan hal yang sama… intinya atasan juga ikut ACTION bukan Cuma asal NGOMONG. Mungkin hal ini yang ngebuat si jepang – jepang lainnya jadi malu hati, orang atasannya aja ngelakuin masa gw bawahannya g mau ngelakuin… beda dengan orang Indonesia, biasanya atasannya nyurh ini itu tapi dia sendiri sebagai atasan tidak mencontohkan hal itu, nah gimana anak buahnya mau ngerasa bertanggung jawab atas apa yang di perintahkan, wong bos nya aja juga g bertanggung jawab…. -à Ketika kamu ingin orang lain melakukan sesuatu untukmu, lakukanlah hal tersebut terlebih dahulu untuk orang lain….

2. orang – orang jepang full commitment.. di kantor ada orang jepang dengan jabatan Senior Executive Director dulunya dia pernah jabat President Director. Beliau setiap di undang dalam event, selalu stay dari awal sampek akhir.. meskipun dia harus ngantuk ngantuk nunggu sampe acaranya selesai.. dan dia juga ga pernah lupa untuk memberikan ucapan terima kasih di akhir acara sama semua panitia atas terselenggaranya event yang berlangsung saat itu. *gw bisa ngomong gitu karena hampir 80% event kantor gw jd panitianya * beda dengan orang Indonesia, mereka di undang untuk suatu acara melalui undangan, surat , email tetep aja gak dateng –gak penting- mungkin buat mereka…. Masih mending kalo ada yang dateng, tapi cuman ngikut ¼ acara trs pulang ilang kemana.. intinya pengen buru buru kabur sebelum acara beres… terkadang mereka juga ga bilang terima kasih kalo engga kita duluan yang nyalamin mereka… à Bawahan bekerja dengan sekuat tenaga untuk memberikan hasil yang terbaik, kehadiran Atasan mereka merupakan dukungan moril tersendiri yang tidak bs dibandingkan dengan materi..

gw ngerasa dua hal mencolok itu yang gw liat perbedaannya dari orang indo dan orang jepun di depan mata gw.. gw gak mukul rata semua sama perilakunya dengan jabaran gw di atas.. Cuma ya sebagian besar begitu lah perilakunya..

gw juga gak berharap banyak orang indo akan berubah dan mencontoh hal baik dari si orang jepun, tapi minimal ini bisa gw dan denmas terapkan jika suatu saat nanti bisa jadi bos atau punya perusahaan *amin……

*semoga postingan kali ini bs menjadi salah satu pengingat untuk papi, jika suatu saat nanti menjadi pemimpin bagi banyak orang.. papi bisa menerapkan 2 sisi positif dari orang orang jepang seperti postingan gw…

Sebuah perusahaan layaknya sebuah orchestra, jika semua unsurnya berbunyi sesuai nada dan irama serta dalam ketukan yang sama maka akan menghasilkan sebuah suara yang indah. Atasan dan bawahan menentukan merdu atau tidaknya suara yang keluar.. karena ini adalah tentang sebuah kerja sama.. bukan tentang memerintah dan dipaksa bekerja……

Mi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar