Senin, 21 November 2011

HOMESCHOOLING for Athaya



OMG,
gag kerasa sebentar lagi our lovely Athaya wanna turn 1 year next month ;-)
salah satu item penting yang jadi concern gw dan denmas adalah tentang pendidikan..
dan gw sama denmas sepakat bahwa yang namanya pendidikan itu sumber utamanya adalah didikan dari keluarga..

nah karena pendidikan yang utama itu datengnya dari keluarga, browsing kesana kemari akhirnya gw sepertinya akan mencoba
untuk menerapkan metode homeschooling untuk athaya...
ga berniat sih untuk full homeschooling sampe dia dewasa, cuman untuk saat dia menuju masa sekolahnya,
pre-school nya dia lah ceritanya...

tapi sebelum gw mencoba menerakan homeschooling untuk athaya, gw pengen sedikit berbagi tentang apa dan bagaimana homeschooling itu...

Homeschooling (HS) adalah model alternatif belajar selain di sekolah.
Tak ada sebuah definisi tunggal mengenai homeschooling.
Selain homeschooling, ada istilah "home education", atau "home-based learning" yang digunakan untuk maksud yang kurang lebih sama.

Dalam bahasa Indonesia, ada yang menggunakan istilah "sekolah rumah". gw sendiri secara pribadi lebih suka mengartikan homeschooling dengan istilah "sekolah mandiri". Tapi nama bukanlah sebuah isu. Disebut apapun, yang penting adalah esensinya.

Salah satu pengertian umum homeschooling adalah sebuah keluarga yang memilih untuk bertanggung jawab sendiri atas pendidikan anak-anak dan mendidik anaknya dengan berbasis rumah. Pada homeschooling, orang tua bertanggung jawab sepenuhnya atas proses pendidikan anak; sementara pada sekolah reguler tanggung jawab itu didelegasikan kepada guru dan sistem sekolah.
Walaupun orang tua menjadi penanggung jawab utama homeschooling, tetapi pendidikan homeschooling tidak hanya dan tidak harus dilgwkan oleh orang tua.
Selain mengajar sendiri, orang tua dapat mengundang guru privat, mendaftarkan anak pada kursus, melibatkan anak-anak pada proses magang (internship), dan sebagainya.
Sesuai namanya, proses homeschooling memang berpusat di rumah.
Tetapi, proses homeschooling umumnya tidak hanya mengambil lokasi di rumah.
Para orang tua homeschooling dapat menggunakan sarana apa saja dan di mana saja untuk pendidikan homeschooling anaknya.

Terus kira kira untuk biayanya gimana?

Setting homeschooling sangat tergantung pada Anda.
Berbeda dengan sekolah, di mana orang tua harus mengeluarkan sebuah biaya tetap (fixed cost) yang telah ditetapkan, para praktisi homeschooling memiliki fleksibilitas untuk menentukan jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk anak-anak.
Isu homeschooling bukan pada biaya yang harus dikeluarkan untuk pendidikan anak, tetapi pada komitmen dan kreativitas untuk menjalankan homeschooling.
Dengan biaya minimum, Anda dapat menjalankan homeschooling dengan kreativitas Anda.
Yang pasti, homeschooling tidak gratis karena Anda tetap membutuhkan materi-materi untuk pendidikan anak-anak Anda dan memperkaya pengetahuan Anda.
Homeschooling dapat menjadi murah kalau Anda dapat memanfaatkan sumber daya yang sudah Anda miliki sendiri, misalkan barang-barang yang di rumah, keluarga, teman, tetangga, dan fasilitas-fasilitas umum yang ada di sekitar Anda. Anda tidak harus membeli, tetapi dapat meminjam, membeli barang bekas, melgwkan daur-ulang (recycle), dan sebagainya.
Yang penting bukanlah mahal-murah, tetapi sejauh mana Anda dapat menyediakan sarana untuk bahan pendidikan anak-anak dan mencapai tujuan pendidikan anak-anak Anda.

melihat beberapa penjabaran diatas hasil browsing sana sini gw beberapa hari belakangan, gw sih pengen banget menerapkan Homeschooling untuk athaya,
kurikulum atau materi yang di pakai gak perlu terlalu berat gw rasa, soalnya athaya baru 11 bulan heheheheeee...

mungkin gw akan coba dari hal - hal kecil aja seperti dari angka, huruf atau warna, juga doa - doa sehari hari..
gw akan ngjarin bilingual untuk athaya , Indonesia and english...
bukan untuk gaya gayaan sih, tapi lebih untuk mengenalkan athaya bahasa internasional..


Bismillah deh , dan saat nya untuk mengarrange kurikulum untuk athaya...

semoga berhasil ;-)

Mi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar