Minggu, 13 November 2011

CERITA SEORANG SISWA “PASTI PAS” (bag-1)

Perusahaan plat merah satu ini, adalah perusahaan di negeri ini yang paling dicari para pencari kerja. Dari yang baru lulus kuliah, maupun yang sudah berpengalaman kerja di tempat yang lain. Itu menurut hasil survey suatu majalah terkenal negeri ini beberapa saat yang lalu.

Sebagian besar warga negara ini pasti sepakat bahwa perusahaan inilah yang mereka favoritkan sebagai tempat mereka mencari nafkah, terlepas dari segala alasan di belakangnya.

Dan tahukan kawan, ternyata aku salah satu yang cukup beruntung diberi kesempatan untuk mengais rejeki disini. Perlu waktu yang lama juga untu aku bisa mnginjakkan ke teras perusahaan ini, karena pada kenyataannya memang diharuskan berkelana ke “warung”yang lain kurang lebih 3 tahun lamanya terlebih dahulu untuk mencari beberapa suap nasi.

Insya Allah semoga dimudahkan dalam memanen rejeki di tempat baru ini. Setidaknya itu harapanku nantinya


Kenapa bisa dibilang begitu?
Karena saat ini aku masih berstatus “calon” pegawai. Dan itu artinya adalah 1 tahun yang cukup berat untuk menempuh pendidikan sebelum akhirnya nanti disahkan sebagai pegawai yang sebenarnya.

Sebenarnya sudah hampir 4 bulan aku menjalani pelatihan ini dengan beberapa tahapan yang cukup menguras fisik, mental, otak, emosi juga modal di setiap levelnya.

Menurut info dari sahabat-sahabatku yang kebetulan beberapa sudah berkarya di perusahan ini lebih awal, sebenarnya training-training yang sebelumnya gak ada yang sampai 1 tahun. Biasanya Cuma max 7 Bulanan.

Telusur punya telusur ternyata Perusahaan ini lagi punya gawe besar untuk beberapa tahun ke depan dimulai dari angkatan pegawai yang aku ikuti sekarang ini.

So let’s check my detail activity as pre-employee on PASTI PAS Company.....

STEP-1 : SIMPRUG, JAKSEL

Langkahku dimulai di daerah Simprug Jaksel, tepatnya di kompleks Pertamina Learning Center (PLC).

Sebelumnya sih aku dan mi ( istriku tercinta) sudah pernah ke sini untuk kondangan, dan bayanganku adalah tempatnya gak terlalu besar karena gedung buat kondangannya (gedung Wanita Patra) juga gak terlalu besar.

Tapi ternyata salah!! Walaupun jalan di gerbang n bagian depannya kecil, tapi ternyata di dalam luas abis. Fasilitasnya pun lengkap : hotel setara bintang 4, GOR (futsal, basket, tenis indoor), kolam renang, stadion, lap.tenis outdoor, gedung serba guna / Wanita tama, meeting hall / konvensi, ruang kelas, restoran, dll. Lengkap dan salut untuk semua sarana & prasarana yang sudah disediakan, termasuk perawatan dan pelayanannya.

Masuk ke program pelatihannya :

Saat pembukaan kita diberikan pengarahan mengenai segala tetek bengek pelatihan, dari background, tata tertib, hak dan kewajiban dsb. Intinya : Program2nya lebih ketat dan yang paling utama kedisiplinan dan kerjasama antar “siswa” (sebutan bagi calon pegawai) adalah nomor wahid.Dan itu sangat ditekankan guna menjadi dasar pengembangan pembinaan karakter manusia di pelatihan ini.


Ada arahan yang cukup sering ditekankandari seorang pembina yang cukup disegani (walaupun bagi para siswa di kemudian hari jadi pembina yang cukup dijauhi hehehehe....)

Versi bahasa inggrisnya saja, kira-kira begini intinya :

To reach world class energy company level, We don’t need poisons that can destroy this company. We are not permitting any kinds of disobeyment. Only HIGH LEVEL-ATTITUDE personal is accepted. No Excuse for indiscipline attitudes& behaviours

Program-program lain yang diperoleh (seingatnya saja ya) :

  1. Materi Corporate (semua materi yang terkait perusahaan ini secara umum)
  2. ESQ training (di Menara 165 di daerah TB.Simatupang)
  3. Mind Maping training
  4. NLP training
  5. Leadership & Effective Communication training
  6. Cross Cultural knowledge
  7. Intensive English

*(kalau ada kesempatan nanti bisa dijabarkan masing2 kegiatan di atas di tulisan yang lain : )

Tentunya tak hanya program –program latihan selama kurang lebih 1,5 bulan di PLC. Yang pasti ikut bertambah banyak saudara dari seluruh daerah di indonesia. Jumlah total untuk angkatan yang aku ikuti tahun ini adalah 298 orang. Terdiri dari berbagai macam fungsi (CSS, M&T, Refinery, Legal, PIMR, MQA, HRD, Gas & Keuangan)

Macam-macam karakternya, unik, pintar-pintar, kreatif, bersemangat, selalu ingin tahu, proaktif, tapi juga ada yang kebalikannya. Yang pasti punya banyak teman itu menyenangkan, bisa tukar informasi, sharing pengalaman dan ilmu, saling mengenal budaya dan perilaku masing-masing, dan bisa jadi menambah link yang pasti nantinya akan bermanfaat.

Ad juga acara gathering dan keakraban lintas fungsi yang diadakan atas inisiatif sendiri. Diisi dengan permainan yang menambah keakraban dan itu cukup menyenangkan untuk para siswa.

.... Friendship is Never Ending Story .... (Pi)

Bersambung ke bag-2 ..... PENGALENGAN, JAWA BARAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar