Senin, 07 November 2016

Busway is My Way

Itu bukan busway bro...
Itu namannya bus transjakarta atau kalo sekarang namanya transjabodetabek.

Sering orang salah sebut transportasi yang satu ini. Karena dulu salah perkenalan saat pertama kali keluar. Busway itu nama jalur yang digunakan bus tersebut untuk membelah lalu lintas ibu kota. Tapi kayaknya memang lebih populer busway sih ya. Singkat dan lebih terdengar keren.

Selain KRL, wahana ini salah satunya yang menemani waktu pulangku dr kantor selama dinas di jakarta. Karena waktu pulang relatif santai jdi agak molorpun masih ditoleransi lah.

Sebenarnya aku pernah mencoba berangkat dr rumah bkasi kw gatot subroto tapi berakhir dengan jam 9 baru nongol di kantor. Macet broo. Karena walaupun punya jalur sendiri, tetap saja saat di persimpangan atau masuk tol akan berbaur dengan kendaraan lain.

Inilah yang membedakan dengan di negara lain yang mengadopsi fasilitas bus semacam ini. Andaikata benar2 100 % punya jalur sendiri pasti banyak orang beralih ke kendaraan satu ini daripada kendaraan pribadi.

Kesan jorok n kumuh bus2 metromini n kopaja tak akan ditemui pada kendaraan ini. Bersih, nyaman dan dingin.enak lah pokoknya.

Untuk tiket jauh dekat sama saja yaitu 3500 rupiah. Jadi andaikata mau muterin jabodetabek seharian juga teteap 3500. Tapi rasanya mustahil karena jakarya identik dengan macet.

Kita juga diwajibkan menggunakan e-money untuk mengakses fasilitas ini. Beda dengan KRL yang masih memungkinkan untuk beli harian cash dengan tiket harian berjaminan. E-money ni sangat membantu lho karena cukup tap aja di gate pass langsung saldo kepotong otomatis.tak usah repot2 rebutan masuk. E-money ini bisa dipakai di tol, krl, di ritel swalayan, supermaket.l dll.Memang sangat efisien. kalau hampir habis tinggal isi saldo saja ke ATM atau loket.Mudah.

Seenak-enaknya bus, kalo ga dpt tempat duduk ya tetep aja pegel.untuk menopang badan disediakanlah handle gantung buat penumpang yang berdiri. Mirip seperti di KRL.

Mirip seperti KRL juga, kelakuan pwnumpang nya beda2 tipis. Tapi untuk bis ini lebih teratur.petugasnya lebih disiplin. Batas antara penumpang wanita dan pria pun jelas, ada batasnya.penumpang wanitaa di barisan depan, pria di belakang. Bahkan ada bus yang khusus buat wanita.biasanya catn luarnya berwarna pink.sedngkan yang biasa berwarna biru muda.

Waktu tempuh yang diperlukan dari kantor gatot subroto ke bekasi barat / timur rata2 90 menit. Paling cepat pernah 60 menit, tapi kesempatannya 1 : 100, kecuali cabut sebelum jam pulang kantor (jam 4 sore). Pernah juga sampe nyaris 3 jam saat kondisi macet berat. Bayangkan saja dari kantor di gatsu sampai dengan pancoran biasa 90 menitan sendiri saking macetnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar