Sabtu, 23 Juni 2012

Tentang Hijab 1


Barusan aja liat tweetnya UYM ( Ustad Yusuf Mansyur) mengenai JIL dan Liberal. Beliau mengajak kita u introspeksi diri jgn jgn kita termasuk dalam komunitas JIL & Liberal tanpa kita sadari.
Lah kok bisa? Dasarnya apa? Karena kita gak ada ILMU.gak ada basic ttg agama, gak ada basic ttg aqidah, gak ada basic ttg fiqih, gak ad basic ttg ibadah. Akhirnya kita terbentur sama hal hal tersebut terus malahan bikin kita bingung mana yang bener mana yang salah, semuanya akibat dari kuranganya atau mungkin g ada sama sekali basic tentang itu.

Awalnya gw baca tweetnya UYM ya biasa aja, tapi gw cukup tertarik dan dapat inspirasi waktu lihat salah satu contoh yg UYM kasih ttg perilaku kita yang bisa menjuruskan kita ke JIL or liberal , tapi bisa jadi perilaku ini terjadi semata mata karena kita kurang ilmu di dalamnya.
Apakah contohnya ? hehehe . di tweetnya UYM ngasih contoh begini “ Buat apa jilbabin kepala,? Kalo hati ga di jilbabin” sepintas kata kata ini bener, tapi aslinya RUSAK.

Hmmhh langsung kena deh di hati gw, soalnya gw juga pernah ngalamin ini tapi bukan sebagai orang yang ngoomong gitu, tapi sebagai korban yang kena semprot sama kata kata itu cuman karena gw bilang usaha gw untuk masuk surga salah satunya dengan berhijab.

Paham ga kenapa ini sering jadi perdebatan? Emang banyak orang orang sekitar yang ngomong “ sebelum pake jilbab di benerin aja dlu perilakunya. Percuma aja pake jilbab kalo perilakunya gak bener”. Ya kayak kata UYM tadi, sepintas omongan ini bener, maksudnya supaya gak malu2in kalao udah pake jilbab tapi perilakunya masih aneh aneh atau gak sesuai .

Tapi coba deh di flashback lagi, yang jadi kewajiban inget nih ya KEWAJIBAN bagi seorang muslimah yang sudah akil balig itu apa sih ? menghijabi auratnya atau menghijabi hatinya ? yang WAJIB disini adalah menutup auratnya. Insya Alloh dengan itu hati dan perilakunya akan ikut. Mungkin sebagian kita paham ua sama kewajiban itu artinya apa ? ya sesuatu yang HARUS dilakukan.

Yah gw pribadi juga gak bilang dengan gw berjilbab gw udah 100% suci. Ya enggalah manusia kan makhluk dhoif tempatnya salah dan dosa. Jujur aja ya, gw mulai berjilbab itu desember 2005, trs gw langsung gitu pake jilbab yang syar’i yang nutupin dada, yang kemana mana pake rok ya pokoknya jilbab yang sesuai dengan ketentuannya dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh ? jujur engga kok, gw masih pake jilbab yang keliahatan dada, masih suka pake celana jeans ketat dan masih lepas pake terutama karena waktu itu gw masih nyanyi, dan kadang gw suka pergi hang out (caileh bahasanya hang out bok!) dengan gak pake jilbab karena menurut gw emang lebih oke dengan gak berjilbab waktu itu contohnya gw liburan ke Bali tahun 2007. Semua berlangsung gak sebentar loh, dari 2005 sampe tahun 2008 gw lebih banyak lepas jilbabnya dari pada pake jilbabnya.

Alhamdulillah wa syukurilah mulai 2008 sampe sekrang perkembangannya gw signifikan. Mulai pake jilbab yang menutupi dada, menghindari baju ketat dan at least keluar dari pager rumah itu gw HARUS pake jilbab!
Awalnya sih kesemuanya itu bukan pure dari diri gw sendiri, tapi lebih dari faktor eksternal kayak deket sama cowok alim, deket sama keluarga mantan yang agamis, sampe perasaan  malu karena kok gw berjilbab tapi gini amat yak.
Alhamdulillah sekarang udah lebih baik, setelah gw kenal dan nikah sama hubby, dia paling anti kalo sampe gw kaga pake jilbab.
Bersyukur punya suami yang punya basic tentang agama yang cukup bagus dan alhamdulillahnya kita sejalan .
Bersyukur juga gw ga pernah berkata “jilbabin dl hati baru jilbabin kepala” karena emang yang paling penting jilbabin auratnya , karena wajib hukumnya sodara sodara

Tulisan gw diatas Cuma sekedar share ttg sebenernya pemahaman kita sebagai umat muslim harus seperti apa sih tentang tuntunan dan ajaran islam sendiri, apakah sudah benar, hampir benar , cukup benar atau mungkin out of track?
Gw gak bermaksud menyinggung siapapun, minimal untuk introspeksi diri masing masing. Terutama diri gw sendiri u menjadi lebih baik.
Apapun yang benar datangnya pasti dari Alloh SWT sedang yang salah dari gw sebagai manusia.

Wallahualam bishawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar