Sabtu, 23 Juni 2012

Teman baru saya namanya RICE COOKER !


Yap, semenjak seminggu lalu stay di Cilapop inih, gw emang punya temen baru .. namanya Biru – Rice Cooker imut merek Miyak* . lah norak banget sih gw, orang – orang mah udah biasa untuk temenan sama rice cooker buat masak nasi, kenapa juga gw baru sekarang temenan sama rice cooker ? (bertanya pada diri sendiri)

Well, tenang dulu pemirsah, yang gw maksud temenan disini bukan berarti gw baru tau yang namanya rice cooker (kesannya desa banget gw).. biasanya kan rice cooker cuman gw pake buat masak nasi , nah sekarang rice cooker mungil gw ini gw jadiin alat untuk memasak juga ;-) hehehe minta maap sambil nyembah nyembah pembuat dan pabrik rice cooker karena ketidaksopanan gw dalam “membelokkan” peruntukkan rice cooker hahaha.

Eh tapi nih ya gw bukan satu satunya yang durhako dengan me multi fungsikan si rice cooker ini, malahan gw jug punya ide gegara gw googling dan banyak yg sudah berpengalaman masak pake rice cooker, yahh gw sih cuman pollower eh follower ...

Sebenernya asal muasalnya dari gw yg rada bosen dan rempong dengan menu makanan yg ada di rumah makan sekitar tempat kostnya hubby ( alibi bahwa pengen ngirit ) wkwkwkwkwk.. gw emang selalu ngerengek sama hubby “kapan ya pih, mamih bisa masak lagi” .. yah secara hubby gw sabarnya gak ada takerannya doi cuman berusaha membuat gw sabar, menunggu kurleb 3 bulan lagi untuk pindah ke tempat yang lebih layak kita sebut dengan rumah hahahahhaaa....

Tetiba gw keingetan sama omongan pacarnya adek gw si fathi, fathi pernah cerita kalo temen temen kostnya ada yang suka masak bahkan nyeplok telor pake rice cooker. Nah awalnya sih rada g percaya yah,secara pikir gw emang bisa gitu?? Yah berhubung situasi me to the pet yaudah gw googling “memasak dengan rice cooker” ... OMG di luar ekspektasi gw ternyata yang keluar banyak juga tuh threadnya tentang permasakan dengan rice cooker inih.. hohohohohoho langsung melonjak gairah memasak gw ...

Dari semua thread yg gw baca , hampir menyatakan bahwa dengan rice cooker bisa memasak, baik menggoreng apalagi merebus. Yah kan basicnya juga kalo masak nasi tuh rice cooker bisa panas dan si beras yg di rebus pake aer, aernya habis dan jadi nasi..

Okelah, berbekal segudang thread tentang kedurhakaan orang orang masak pake rice cooker, gw bilang sama denmas kalo gw mau nyoba dan tanggepannya adalah BOLEH,, cihuyyy oke lah beib lets we try.
Percobaan pertama adalah SAYUR SOP. Yang sebenarnya gampang aja sih untuk masak sayur sop ini, tinggal masukin air ke rice cooker, terus tutup rice cooker tunggu sampe agak sedikit panas, dan mulai masukin sayuran seperti memasak dengan kompor. Oh iya jangan lupa rice cooker harus di setel dalam mode COOKING, kalo engga kayaknya dia g akan panas, dan airnya gak mendidih.

Terus hasilnya gimana? Sakseis sodara sodara. Sayur sop matang dengan SEMPURNA.... hahahahahaa tinggal nambah beli lauk dah di warung padang.. irit baby iritt hehehehe
Percobaan selanjutnya adalah SAYUR SAWI BENING, yah metode masaknya sama lah kurlebnya sama kayak sayur sop, masukin air tunggu mendidih , masukin bawang merah yang diiris dan masukin sayur sawinya, tambah penyedap rasa deh.

Emang sih dua kali masak gw masih lebih prefer untuk rebus merebus karena masih belom pede kalo nih rice cooker bisa untuk menggoreng. Akhirnya hari ini, gw coba praktek bikin AYAM KECAP. Nah karena awalannya gw kudu numis bawang putih, bawang merah dan bawang bombay gw rada keder jug nih, takutnya rice cooker gak bisa di ajak kerja sama untuk numis. Akhirnya gw coba, gw setel ke mode COOKING ( oiya kalo untuk numis karena rice cookernya kosong or enteng gak ada isinya dan kondisi di buka. Yang ada setelannya balik ke menu warm terus, jadi kalo cara gw di ganjel pake tisue hehehe ) setelah rice cooker nyala, gw masukin mentega ( minyak goreng juga boleh sih, cuman gw adanya yah mentega sih maklum orang barat – hehehe jawa barat maksudnya ), habis masukin mentega gw tutup rice cookernya.
Kira kira aja deh terus gw buka tutup rice cookernya dan sudah agak meletup letup gitu menteganya, pertanda sudah rada panas nih pantat rice cooker, gw masukin bawang putih , bawang merah.. kalo rice cookernya gw buka tutupnya, panasnya berkurang kayaknya cmiiw, soale itu bawang2an adem ayem aja gak ada perubahan. Gw pikir GATOT (gagal total) nih, udah mau mingslep aja gw di kolong tempat tidur, secara udah beli ayam, mau di apain tuh ayam kaga ad kulkas. Yudah karena gw tergolong istri cerdas (doweeeww) akhirnya gw tutup lagi rice cookernya, gw tunggu satu menit, gw buka lagi dan jreeeeeeeengggggggggg  ada reaksi dengan bawang bawang gw, mereka mulai matang horaaaaaayyyyyyy.. yudah karena gw yakin panasnya  lama gw tutup lagi dan gw tunggu semenit lagi, terus pas gw buka udeh harum dong bawangnya, lanjut masukin bawang bomay, tutup lagi 2 menit sambil sesekali aduk.... sekiranya udah harum semerbak gw masukin tuh ayamnya terus tambah air, tambah kecap, tambah daun salam, tambah cabe rawit merah, tambah penyedap rasa dannnn jurus andalan di tutup... nah gw rada lupa berapa lama proses pematangan ayamnya tapi kayaknya gw lebih dari 30 menit dah tuh nge godok ayam di rice cooker hehehe, abis gw kan g pengalaman kapan tuh ayam bisa empuk...

Setelah mateng, hasilnya tidak mengecewakan sodara sodara, cuman ada sedikit miskom haha niat hati bikin ayam kecap jadinya malah semur ayam, soale gw kebanyakan masukin air dan airnya gak nyurut.. mungkin nyurut tapi gw aja yg kebanyakan kasih airnya...hehehehe
Well...eperibodeh itulah pengalaman baru gw sama temen baru ;-)
Saran gw sih ide memasak dengan rice cooker HANYA diperuntukkan bagi anak kost ajah, soalnya yah kasian ah kalo kebanyakan orang yang durhako dengan penggunaan rice cooker. Lagian rice cooker nanti akan gak tahan lama , yah karena emang gak di pake semestinya.
1 lagi yah pemirsah, jangan kaget kalo nanti rice cookernya jadi lebih ber “bau”. Yah ber bau bumbu atau rempah rempah karena di pake masak.. dan itu akan ke bawa ke rasa nasi hehehehe....
Yah bagi anak kost atau pengantin baru yang belum punya kompor, mungkin bisa jadi alternatif hehehe
Selamat berduhakooooo ;-) 

1 komentar:

  1. Haha... Tapi kalau mau goreng dengan minyak kelam berhasil ga tuh...

    BalasHapus