Sabtu, 23 Juni 2012

JOGJA GETAWAY


Kalau gak salah ini pas long wiken April kemaren gw sama hubby ke Jogja dengan agenda utama mau nonton THE RAID. Yah begitulah sejak tinggal di cilapop, alternatif untuk bisa nemuin yang namanya bioskop yang paling deket ya Jogja. Sebenernya di Purwokerto ada cuman gw gak tau deh film tahun berapa yang maen di bioskop situ hehe..

Tadinya kita mau pulper cilacap – jogja, mengingat budget terbatas hehehe dan juga itu jamannya long wiken so pasti yang namanya dunia perhotelan bakalan selangit harganya. Tapi setelah itang itung waktu kayaknya kok ngoyo banget ya kalo pulper gitu, akhirnya sepakat nyari hotel yg murmer tapi bagus ( haha orang indonesia banget sih nyari hotel murmer tapi bagus gak mao rugi ).

Browsing sana sini susah juga yak nyari hotel murah , haha dapet beberapa link gw coba telepon satu persatu dan semuanya pararinuh euy,, hufh sedih deh gw.. yudah lah mungkin emang kudu puplper, eh tapi terus gw bbm temennya hubby yang stay di jogja, Merida. Gw tanya ama dia ada link hotel murmer ga? Sebenernya sih klo gw mau gw bisa aj di hotel manapun yg bintang 5 sekalipun  karena gw bisa pake corporate rate kantor dan dapet diskon 50-75% haha licik, tapi masalahnya ya itu tadi hotel nya full booked.

Dan gw yakin hotel yg masih kosong itu pasti hotel2 yang jarang orang tahu atau gak terlalu terkenal. Akhirnya agak siangan Merida bbm gw dan ngasih beberapa link hotel di daerah prawirotaman, dimanapun lah itu gw gak hapal hehehe...

Oke gw coba telepon satu persatu dan semua full booked, tinggal tersisa satu nama hotel meskipun gw rada hopeless soalnya ini udah H-2 dari tanggal yang kita mau dan itu tanggalnya pas banget awal liburannya. Yudah lah gw coba aja telepon gak ada salahnya andaipun full booked juga berarti emang harus pulper hiks hiks. Nama hotelnya Winotosastro Garden, pas gw telepon masih ada sisa 2 kamar hufffftt akhirnya, tapi ini kamar standard dengan twin bed, yang double sudah full booked . hmhh yudah deh gw booking aja dulu, dan pembayaran di tunggu sampe jam 6 sore. Okehlaah gw pikir karena kriteria hotel udah pas banget Cuma 195.000 hehehehe yudah gw langsung transfer dan berharap hotelnya okeh dan tidak mengecewakan soalnya emang udah pet pet banget.

Besokkannya gw berangkat sore dari Kantor ke Kamp rambutan dan nyampe cilacap pagi buta jam 2.30 pagi .. cuman tidur sebentar karena habis subuh kudu buru buru beres beres untuk capcus ke jogja naek efisiensi dari cilacap jam 07.00.



Akhirnya jam 6.15 gw sama hubby berangkat dari kost ke terminal, titip motor yang nginep terus kita langsung ke tempat ngetemnya bis efisiensi. Pas naek bis nya wowwww amazing haha norak. Eh tapi sumpah bis nya bagus loh, exclusive gitu. Kursi KA executive sama kursi airlines singa udara juga kalah exclusive dan kalah nyaman. Recommended banget nih untuk yang dari Cilacap mau ke arah jogja dengan kendaraan umum. Waktu itu harga karcisny 40.000 per orang dapet air mineral. Sayang gw sama hubby gak sempet motoin ke exclusive-an kursi bis ini hehehe ntar deh lain kali kalo berkesempatan lagi naek bis ini gw fotoin dah hehehehe....

Nyampe di jogja sekitar jam 11.00 kita turun di ambarketawang, dan buat jaga jaga biar besok gak ribet gw sama hubby beli tiket balik ke cilacap buat besokkannya jam 3 sore. Kebetulan pool nya efisiensi di ambarketawang ini, tapi beda sama tempat kita turun kalo tempat kita turun tuh kayak rest area gitu, nah pool ny agak jalan mundur sekitar 100 meter dari SPBU or rest area itu.

Namanya juga rezeki liburan murah, tadiny sempet bingung selama di jogja mau naek apa kendaraannya , tadinya mau nyewa motor ehh alhamdulillah yah sesuatu temen baikny hubby si Merida menawarkan mobilnya alhamdulillah,,, dah gitu pas kita sampe ambarketawang pun kita dijemput merida, tadinya mau maksi berhubung gw sama hubby belum sarapan n maksi, tapi karena itu hari jumat banyak yang tutup karena mau shalat jumat, karena takut si hubby telat soljumnya akhirnya kita beli siomay di daerah apa deh lupa hehehe.. trus makan di hotel, alhamdulillah lagi gw bisa early check-in di hotel. Sambil nunggu hubby soljum gw sama merida gosyap gosyip plus makanin siomay kita hehehe.. akhirnya beres hubby soljum kita sepakat untuk jalan lagi abis maghrib, tujuannya ke Amplaz ( Ambarukmo Plaza ) mau nonton The Raid hehehe... yudah lah ya sepulangnya merida ke kost nya gw sama denmas langsung tidur dan hubby mulai kreatif yaitu menyatukan kasur yg twin itu jadi dobel hahahahhaa....  ketiduran sampe ashar nya kelewatan, kira kira jam 5an deh baru ashar. Gak lama maghrib, solat , mandi and beres beres abis maghrib jalan ke amplaz.

Nyampe di amplaz ternyata The Raid nya dapet yang jam 8an deh kalo gak salah apa 8.30 lupa, akhirnya kita makan dulu, beres makan langsung balik dan pas banget sama jam masuk nya The Raid. I dont want to talk much about the movie hehee,, cuman kesannya nonton film itu adalah RAME. Karena banyak cewe cewe yang pada jejeritan ngeliat adegannya. Termasuk si Merida hehehe.. akhirnya kita pulang sekitar jam 11 malem dan lanjut bobo.

Besokkan paginya gw sama hubby masih punya waktu dari pagi sampe jam 12an waktu check out sebenernya di hotel dan berhubung bis gw jam 3, jadi setidaknya jam 13.30 harus udah cabut menuju poolnya efisiensi di ambarketawang itu. Yudah karena males ribet akhirnya gw usul gimana kalo kita check out aja sekarang terus nanti tas tas titip di receptionistnya aja. Ydah hubby setuju , sekitar jam 9 kita turun buat brunch, tapi ternyata nasgornya gak enak hehe, akhirnya gw pesennya indomie goreng (biar aman rasanya)...

Akhirnya nentuin tempat tujuan, gw langsung ngomong Taman Sari sama Keraton. Yah alesannya karena kalo taman sari emang gw belum pernah kesana, dan kalo keraton gw udah lupa gimana bentuknya hehe sebenernya terakhir ke jogja itu pas tahun baru 2012 tapi kalo ngunjungin keraton itu terakhir pas gw kelas 4 SD wkwkwkw lama banget kan... jadinya penasaran juga mau liat liat hehehe.

Bingung mau naek apa akhirnya kita naek Becak di depan hotel untuk nganter ke Taman Sari, nah singkatnya cerita taman sari ini adalah katanya dulu adalah tempat pemandian Sultan dengan para permaisuri dan selir selirnya. Taman sari ini di bangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I (HB I).
Dulunya pernah ada danau buatan tapi sekarang sudah tidak ada lagi , sekarang menjadi pemukiman padat yang dikenal dengan kampung taman kondisinya juga sangat memprihatinkan.

Selanjutnya adalah kolam pemandian untuk sultan, para istri dan putri – putri beliau. Di sebelah utaranya terdapat bangunan untuk beristirahat dan berganti pakaian bagi para puteri dan istri (selir). Sedangkan di arah yang berlawanan ada yang disebut Blumbang Kuras, yang didalamny merupakan tempat peristirahatan dan tempat berganti baju sultan, di tempat ini terdapat menara . katanya di menara ini Sultan melihat lihat istri (selir) dan putri – putrinya mandi, beberapa juga mengatakan di menara ini juga Sultan dapat memilih satu selir untuk di ajak mandi bersama di kolam umbul binangun atau tempat pemandian khusus sultan. Pada zamannya, selain Sultan hanyalah para perempuan yang diizinkan masuk ke kompleks ini. Oiya tiket masuk Taman Sari ini per orangnya Rp. 3.000 murah meriah banget kan, gw sih berharap situs bersejarah kayak gini harus di lestarikan selain sebagai peninggalan bersejarah tempatnya juga okeh kan kalo buat foto foto hehehe...

Beres dari Taman Sari gw sama denmas ke Keraton masih di anter pake becak ini sama si bapak hehehe.. gw gak bisa cerita banyak tentang keraton soalnya gw gak terlalu tertarik sih, habis gw masuk cuman pengen foto dan ternyata gak berubah banyak dan gw nyari lukisan yang entah berapa dimensi namanya, yang dimana lukisan itu kalau kita liat dari arah manapun dia akan mengarah ke kita, dan itu gw gak nemuin. Oiya tiket masuknya lupa cuman untuk yang bawa kamera, HP yang berkamera atau handycam ada fee nya Rp. 1.000 per barang yang di bawa, yah mungkin supaya orang gak seenaknya aja fata foto trus di komersil, gw sih setuju setuju aja karena secara harga masuk akal yah cuman 1000, dan mungkin itu untuk tambahan para pegawai disana worth it lah. Oh iya di dalem keraton gak boleh ngerokok dan untuk perempuan gak boleh pake topi harus di lepas, ini gw lihat saat ada beberapa orang baik wisman or wisdom yang di minta untuk lepas topi (perempuan ya) sama abdi dalemnya. Yang gw kagumi dengan kehidupan di keraton itu adalah semuanya sederhana, gw juga gak tau tuh para abdi dalem makannya dari mana, kalau kata denmas sih mereka gak di gaji banyak, tapi mereka sendiri udah bangga banget karena bisa jadi abdi dalem dan mengabdi sama keraton atau keluarga keraton.

Beres dari keraton masih punya sedikit sisa waktu , gw sama denmas akhirnya mampir ke Taman Pintar. Sebenernya ini buat bocah sih hehehe, kalo secara konsep nampaknya macam PP IPTEK yang ada di Taman Mini (sorry gw belom pernah ke PP IPTEK) hahaha norak. Di dalemnya banyak pengetahuan pengetahuan dan teknologi tentang dunia sekitar, ada kolam air tawarnya juga macam miniaturnya seaworld gitu loh.. beberapa perusahaan juga ikut andil dalam Taman Pintar ini, mereka menyediakan sarana untuk anak – anak atau pengunjung untuk bisa mengenal lebih dalam proses proses yang terjadi di perusahaan mereka, sebut saja PT. SARI HUSADA, Ultra Jaya, Toyota, Honda, Astra Agro Lestari, Pertamina (haduh ini kalo ketinggalan bisa gak dapet jatah nih hehehe ), BATAN, XL dan beberapa perusahaan ternama lainnya. Cuman sayang deh, ada beberapa alat yang udah gak bisa berfungsi mungkin karena perawatannya gak okeh atau pengunjung yang menggunakan alatnya tidak dengan semestinya. Padahal pasti gak murah yah untuk menciptakan Taman Pintar itu.

Selain yang berhubungan dengan sains tentu saja di Taman Pintar ini juga menyajikan arena bermain untuk anak, bahkan ada semacem kolam renangnya gitu dan banyak yang basah basahan disitu hehe. Terus juga ada PAUD untuk anak usia pra sekolah.

Beres dari Taman Pintar gw sama denmas langsung cus lagi ke hotel dan saat itu suasana hujan , kita maksi, terus di jemput merida dan ke ambarketawang. Pas banget bis dateng naek dan see you soon Jogja hehehe.. we will visiting you again soon, with our lovely girl #athaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar