Senin, 07 Maret 2011

Duitmu = DUITKU , duitku = DUITKU.. BIG NO for US!


Hehehe lagi pengen ngebahas tentang hal ini dari seminggu yang lalu,, tapi baru dapet ide lagi setelah beberapa harian ini dapet pengalaman tambahan mengenai topik di atas...
Kenapa gw pengen ngebahas topik ini ? karena beberapa kali gw menemukan keanehan diantara pengaturan uang yang terjadi antara pasutri yg gw temui dan dengar sendiri ceritanya..
ya ANEH menurut gw loh ya.. tapi entah menurut si pelaku dan orang lain .. ( Beda itu kan ndak dosa toh ?? )hehehe

kenapa gw bilang ANEH ?
karena gw ngeliat disini sebagai pasutri yg sudah mengikat sucinya janji sehidup semati, kok ya masih bisa gitu loh ada rahasia ada pembedaan ini milikku atau ini milikmu..
yang bikin gw jadi bertanya tanya.. kok bisa RAHASIA RAHASIAAN sama orang yang tinggal serumah bahkan sekamar dan bobok bareng tiap hari ;-)

seperti yang gw bilang, ada beberapa kasus yang gw temui akhir akhir ini ...

Calon PASUTRI

Nah ini biasanya terjadi bagi mereka yang mau menikah.. kenapa gw bilang begitu ??
yang namanya jaman sekarang itu, pernikahan butuh biaya yang lumayan.. bukan cuma nikah di KUA aja (FYI, sekarang aja biaya KUA 750rebu hehehe )
pasti nanti ada yang namanya biaya resepsi, biaya undangan, biaya souvenir, biaya pengajian, biaya siraman, dan biaya biaya lainnya...


nah biasanya pada kebanyakan ( gak semua ya ) calon pasutri, biaya itu dibagi bagi...
misalnya si CPP ( calon Pengantin Pria ) hanya memberikan 10 juta saja nah selebihnya jika ada kekurangan sepenuhnya menjadi pikulan CPW ( calon pengantin wanita )
pernah beberapa kali dengar dari teman teman yg jadi CPP " sisanya mah biarin aja pihak cewek yang nambahin "

kalo itu CPW nya gw,, gw jitak hehehe

contoh kasus terhadap gw dan denmas.. semua biaya yang timbul akibat terjadi nya Pernikahan kita nanti adalah TANGGUNGAN BERSAMA ( gw dan denmas ), karena yang menikah kan
gw dan denmas.. jadi kita yg harus menjamu tamu tamu kita... cuma 1 request gw sama denmas MAS KAWIN harus pure duit dia sendiri, kalo untuk printilan yang lain
bisa kita gotong royong ( aka tanggung bersama )..

alhamdulillah sampe saat ini gak ada tuh omongan " loh kemaren kan udah dibayar pake duit aku, sekarang pake uang mu dong " or " kemarin uda aku bayar pake uangku, nnti kamu ganti ya "
hmhh amit amit jagn sampe deh bgitu kesannya perhitungan banget ya ?
aku rasa seyh saat semua sudah mulai mengikat untuk menjadi satu, segala apapun ya tanggungan bersama ,, gak ada lagi kotak kotak yg membatasi ini milikku atau ini milikmu...

trus salah klo CPP cuma kasih uang sedikit padahal kita butuhnya banyak trus harus maksa gitu ?
ya jelas engga dong, dimana mana yang namanya acara apapun kudu di sesuaikan dengan budget yang tersedia..
kalao memang kita berdua cuma mampu uang sekian rupiah yah gak perlu toh jadi memaksa untuk ini dan itu...
di bicarakan baik baik , bahwa diadakan acara dengan budget yang tersedia...

intinya sebenernya adalah komunikasi dan jangan sampe ada salah satu pihak keluarga yang merasa terbebani karena harus menanggung beban lebih banyak...

ini juga titipan pesan untuk para capeng yg baru akan menjalani proses pernikahan...
jangan terlalu mengandalkan ortu,, bukan gak boleh,, tapi rasanya lebih terasa bahagia jika kita mengusahakan semua sendiri, dan biarkan orang tua kita menikmati
pesta kita..
mosok dari kecil sampe gede di biayain sekolah, kuliah, makan , pakaian.. sampe saat kita mau memiliki kehidupan sendiri masih tetep biaya ortu hehehe

tapi ya bukan berarti kita sok sombong gak mau terima sama sekali... kalao ortu ngasih ya diterima ,, yg penting kita tidak mengandalkan beliau, atau dengan serta merta
menadahkan tangan dan berharap semua di tanggung orang tua kita ....


PASUTRI

"ih gw mah males kalo sampe suami gw ngeliat berapa isi yang ada di tabungan gw"
"ih gw mah sekarang ATM suami gw, gw pegang.. itu kan kewajiban dia ya harus dong dia bayarkan"

pertama kali gw denger kata kata ini dari mulut seorang istri, perasaan di hati gw mirisss banget...
sedih dengernya, kayaknya para suaminya kok ga ada harganya sama sekali ya...

kenapa gw bilang begitu ?

pertama, emang apa salahnya sih kalo kita dan suami sama sama tau isi tabungan, isi ATM, ataupun besarnya gaji masing masing. karena menurut gw, saat kita udah jadi
pasutri.. sepertinya seharusnya ga ada lagi rahasia di antara keduanya.. hubungan suami istri hendaknya di landasi keterbukaan, komunikasi , pengertian dan kesetiaan...
toh uang yg kita atau suami dapet kan akhirnya untuk keperluan bersama.. meskipun mungkin terkadang suami lebih besar porsinya dibandingkan istri...
bukankah lebih baik kalo misalnya kita sama sama share tentang pendapatan kita, trs kita diskusikan juga pengeluaran kita..
jadi kita sebagai pasutri bisa sama sama tau apa apa aj yg harus di bayarkan , dan ditanggung bersama..
kalau misalnya kita juga pengen punya uang sendiri u belanja belenji,, ya tinggal di musyawarahkan saja dengan suami... gw rasa suami yg baik juga akan mengizinkan kok,
apalagi jika si istri memang bekerja dengan hasil jerih payahnya sendiri...

kedua masalah atm suami yang di pegang istri.. hmmhh ini sih namanya penindasan.. apalagi ada beberapa pasangan yg gw denger semua uang gajinya di ambil istri, dan dia di jatah
sama istrinya untuk "jajan" setiap hari...
Ya Allah... emang harus segitunya ya kekuasaan istri terhadap suami ? sepertinya berlebihan..

saat kita sudah membicarakan keuangan bersama suami, dan sudah mem plot kan untuk kebutuhan kebutuhan yang ada..
biarkan si suami memegang hasil jerih payahnya sendiri, suami jg kan manusia butuh juga untuk hang out sama temen temennya, uang sisihan untuk sumbangan ini itu
atau kalo tiba tiba terjadi sesuatu dengan motor atau mobilnya di jalan saat kerja..

coba bayangin saat ATM nya kita pegang dan suami hanya di jatah saja ?
kasihan dan menyulitkan kan ?


pernah juga denger kata kata begini " loh , kalau untuk keluargamu ya beli pake uangmu dong "
hmhh please deh.. emang waktu awal nikah, tujuannya nikah cuma sama pasangan ?
gak dong,, nikah harus dengan semua nya, semua keluarganya...
pasangan dan keluarganya adalah bagian yang tak terpisahkan...



masih banyak sebenernya kemirisan kemirisan yang terjadi dan pernah gw denger sendiri..
dimana beberapa pasangan merasa uang yg mereka hasilkan adalah milik mereka masing masing..
semua orang boleh berbeda pendapat dan memiliki alasan masing masing ..

tapi buat gw dan denmas,
saat kita sudah berbicara dan sepakat bahwa aku dan kamu adalah kita
makanya apa yng menjadi milikku adalah milikmu juga ...
keluargamu adalah keluargaku juga...

semoga menginspirasi mereka yang belum akhirnya memilih untuk punya "ruang sendiri"

1 komentar:

  1. stuju ak sama kamu say.. b'coz marriage is when two becomes one, in everything

    BalasHapus