Sabtu, 26 Maret 2011

mengajar...

mengajar...
Pengalaman baru ni buatku...
gak tanggung tanggung ni diminta jadi dosen di POLMAN ASTRA,
kesempatan yang gak datang 2 kali. Waktu ditawarin langsung aku ambil aja setlah aku dikusi dengan den ayu mami.
pengalaman mengajar sebelumnya sih pernah, tapi sebagai asisten saja waktu di kampus, teori dan praktikum. tapi tantu saj ayang namanya asisten yabelum di beri wewenang sepenuhnya untuk mengelola bahan ajar -mnagajarnya.

nah kalo yang sekarang beda,
benar2 full dikasih wewenang untuk memberikan materi berpatokan dengan silabus yang ada.
awal mulanay sih ragu2 apakah bisa dan mampu untuk mengajari orang lain dengan baik.
ada ketakutan juga kalo tiba2 gak bisa jawab pertanyaan dari para mahasiswa dan malah2 bisa pingsan di depan kelas, kan malu dung.

Tapi berpegangan pada Allah swt, bahwa niat baik insyaallah akan selalu diberikan kemudahan olehNYa, juga dukungan dari Den ayu mami dan ibu tercinat, akhirnya aku mulai juga amanat mulia ini.

mata kuliah yang aku harus ajarkan adalah mekanika kekuatan material.
sebenarnya dulu di kuliah juga udah dapet, dan juga gak jauh beda dengan mata pelajaran fisika yang pernah didapet saat SMA ataupun kuliah. yah itung2 penjajakan untuk modal awa ngajar.
setelah baca2 silabusnya dan cari bahan di internet, ternyata otakku yang sudah agak "dingin" setelah lulus kuliah ini, mulai tergelitik untuk bekerja lagi, ya mau gak mau harus mikir lagi kan.

masa ntar aku ngajar mahasiswa tapi aku cuma kasih materi yang aku juga gak ngerti maksudnya apa. untung pak Google membantu dengan gratis untuk menyediakan materi kuliah ini..thankx to you.

hari pertama pun dimulai,
grogi juga, walaupun sebenrnya bicara di depan orang banyak kalo di kantor si udah lumayan sering, tapi karena ini pengalaman pertama untuk mengajar teori pelajaran, ya rasa itu tetap ada, takutnya salah dan mahasiswanya nanya macem2.

Bsmillahirahmanirrahim, aku mula satu persatu bahan kulaihnya, walau agak beberapa waktu mis dengan materinya, tapi secara umum kegiatannya lancar, beberapa pertanyaan juga bisa dijawab dengan baik ( tentunya dengan beberepa trik menjawab) yang ku pelajari dari dosen2 ku dulu dan temen2 hehehe ( kan aku dulu juga pernah kuliah).

Ternyata dengan mengajar kita juga terpacu untuk belajar lebih,
dengan mengajar kita juga bisa dapat pengetahuan baru dengan adanya pertanyaan aneh dan gak bisa ditebak dari mahasiswa yang masih polos. nah jadi terpacu untuk memberikan penjelasan terbaik bagi mereka.
bahkan terkadang mereka juga lebih pintar ( walaupun kadang mereka ragu untuk mengutarakan pendapatnya), tapi kita harus berusaha untuk mengembangkan pola pikir mereka, bahwa gak ada yang salah dalam berpendapat. dengan kesalahan jadi mereka tahu mana yang benar, saling bertukar informasi.

Dan menjadi dosen juga gak mudah lo, untuk menyiapkan materi pelajaran kadang harus sering lembur ( maaf ya den ayu mami, ini juga demi masa depan kita lo hehehe). dan kita juga harus pandai membawa diri waktu mengajar, jangan jadi terlalu bersemangat dan sombong, tetap jadi sahabat yang bak bagi mahasswa, kelak mereka juga akan jadi generasi penerus bangsa ini.

Bagiku, yang paling utama bukan gaji yang didapat ( walaupun juga penting) tapi lebih utama adalah bahwa kita bisa saling tukar menukar informasi, dan sharing pengetahuan.

salut buat para pengajar & dosen2ku dulu...

( btw den ayu mami juag cita2nya jadi pengajar lo, harus di support itu).....amien...
luv you mi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar