Sabtu, 05 Februari 2011

Athaya bikin panik gara gara kolik



dua hari yang lalu, si mama kebingungan karena Athaya belum pupa pupi selama dua hari,, bukan cuma si mama sm papa yg heboh,, gw juga ikutan heboh,karena pas gw pegang perutnya athaya kerraaaaassssss banget.......

hmhh jangankan athaya yah, gw aja kadang klo gak pupa pupi selama 2 hari bawaannya tuh perut gak enak banget ,, hmhhh kebayang deh si athaya belum bisa ngomong tapi dia harus ngerasain begahnya tuh perut karena belum pupa pupi...

di hari ketiga, si mama langsung nyuruh gw untuk browsing ke AFB, untuk cari tahu kenapa dan bagaimana harus ngatasin athaya...
hehehe si mama udah mulai ketularan gw, yg mengandalkan AFB sebagai slah satu solusi untuk ngerawat athaya... hihihihi,, thanks u para mommy di AFB..

setelah gw posting permasalahan athaya, mulai deh para mommy reply postingan gw..
mereka bilang itu wajar klo untuk baby yang ASIX,,(alhamdulillah).. lah terus didiemin aja gitu athaya nya sampe pupa pupi sendiri?? gak juga seyh.. dapetlah bocoran dengan pijat ILU dan pijat goes sepeda.. ( hmhhh namanya pijat yang aneh )..

sebenernya apa dan bagaimana sih makhluk yang namanya KOLIK ini,, dan bagaimana mengatasinya... kira kira ini lah summarynya yang gw browsing dari beberapa link :

Apa itu KOLIK ??

menangis dan rewel berkepanjangan selama lebih dari 3 jam sehari. Bayi yang meminum ASI ataupun susu formula dapat mengalami kolik. Sekitar 30% bayi sehat pernah mengalami kolik. Kondisi ini biasanya terjadi antara minggu kedua dan keempat setelah lahir

Apa penyebab KOLIK

Tak seorang pun yang tahu persis apa penyebabnya. Sepertinya bayi yang sedang kolik mengalami kontraksi usus yang sangat menyakitkan.

Ada yang beranggapan bahwa kolik berkaitan dengan makanan. Sebagaimana halnya intoleransi laktosa, sensitifitas terhadap protein susu sapi diduga juga menyebabkan kolik. Bayi yang meminum ASI mengalami kolik yang disebabkan kepekaan terhadap salah satu makanan dalam ragam makanan ibunya.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa bayi menangis dan rewel karena menelan udara terlalu banyak pada waktu makan. Menurut pendapat lain, kolik terjadi karena bayi memiliki kepekaan aneh terhadap stimulasi.

Bagaimana cara mengatasi KOLIK

Bila intoleransi laktosa atau alergi makanan diduga sebagai penyebabnya maka penggantian makanan dapat membantu.

Ibu-ibu menyusui agar menghindari produk susu olahan serta makanan yang menimbulkan gas, misalnya kubis, bawang, dan bawang putih. Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan tentang cara menangani kepekaan terhadap makanan.

Bila bayi diberikan susu formula, mintalah petunjuk ahli kesehatan apakah mengganti dengan formula bebas susu atau formula bebas laktosa untuk mengatasi kolik.


Harus apa saat bayi terserang KOLIK

* Terus berdekatan dengan bayi. Gerakan dan kontak tubuh dapat menghiburnya.
* Membuat gerakan dan bunyi ritmis dengan bantuan penyedot debu, pengering pakaian, atau alat-alat lain.
* Memberikan empeng mungkin membuatnya lebih nyaman.
* Menelungkupkan bayi melintang di pangkuan anda sambil menggosok-gosok punggungnya.
* Membungkus bayi dengan selimut agar dia merasa nyaman dan aman
* Melakukan pijat ILU dan pijat Goes sepeda


Pijat ILU ( I love you )

* Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I)
* Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L)
* Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.


Pijat Goes sepeda

Pijat ini sangat gampang cukup gerakan kaki bayi seperti sedang menggoes sepeda..


Terus hasilnya apa ?
hasilnya athaya langsung pupa pupi 3 kali hehehehe..
MANJUR ya dekk ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar