Sabtu, 03 Desember 2016

Madiun, Luvely Hometown (Part 2)

Selain hewan, tanaman juga jadi makhluk hidup kesayangan ibunda tercinta. Lihat saja di halaman depan rumah, udah seperti hutan rimba. Ada mangga madu, sawo kecik, belimbing, palem, tanaman2 pot, tanaman obat, pohon asem dsb.

Khusus untuk pohon asem ini ditanam berjajar sepanjang jalan depan rumah dari ujung ke ujung. Tanaman ini peninggalan eyang kakung, ditanaman dari masih bibit saat awal pindahan hingga gede dan berbuah lebat. Kalo lagi musim berbuah, kami begotong royong buat ngerontokin buah2an yang sudah masak. Masalahnya yang rontok bukan hanya buahnya, tapi daun2nya juga.

Sering kali ada tukang becak, gelandangan atau orang kampung sebelah yang tanpa ijin mengambil daun muda n buah asem itu sendiri. Dibiarkan saja, kecuali untuk 2 pohon yang persis di depan rumah karena itu yang paling subur n banyak buahnya.

Saking uniknya pohon asem ini, karena jumlahnya belasan dan di tengah kota, oleh pemkot dijadikan tanaman yang dilindungi, sampai dikasih tagging pohonnya. Pernah dulu sempat ribut karena biar gak ngotorin jalan n gak rubuh saat hujan deras, ranting2nya dipangkas sama eyang, eh orang pemkotnya nyolot bilang kalau itu dilarang. Lah emang yang nanem siapa. Hehe. Akhirnya eyang yang menang hehe.

Selain di halamn depan, ibu juga bikin tanaman2 pot sendiri di balkon atas dekat kamar tidurnya. Kalau dulu asih ada tuh tanaman anggur yang ditanam n merambat di balkon, buahnya banyak n manis pula. Cuma sayang sudah mati.

Kalo di halaman depan tapi di samping ada kolam ikan juga, dihuni oleh ikan lele n ikan sapu2. Dulu sebenarnya banyak lagi jenisnya. Posisinya pas di depan teras kamar utama eyang. Biasanya eyang berdua duduk2 santai di sofa sambil baca koran atau dengerin radio disitu, mungkin sambil menikmati suara gemercik air n ikan2. Dulu malah ada ayam jago n burung parkit juga.

Waktu aku kecil, aku n mas seneng maen2 disitu ditungguin eyang kakung. Sengaja juga dibuatin pompa air angguk buat ngisi air kolam secara manual, sekarang pun masih berfungsi. Biasanya eyang minta tolong diisiin air kolamnya, dihitungin juga berapa ratus kali ayunan, ntar dibeliin jajan hehe. Namanya juga anak kecil, biasanya selain ngisi air kolam disambi juga maen2 air sekalian mandi. Tentunya gak pake sabun dl, bisa koit ikannya.

Kolam ikan juga sebenarnya ada 2, satu lagi di depan teras samping ruang keluarga. Tapi karena sering bocor n susah bersihinnya jadinya ditutup semen n buat arena bermain kucing sekarang.

Banyak yang tidak berubah sebenarnya secara tata letak perabotan, meubelnya pun gak berubah. Masih awet. Yang berubah paling barang2 elektroniknya yang makin modern.

Sofa merah di ruang keluarga itupun dr jaman aku kecil sampai sekarang ya disitu aja posisinya. Gak berubah.
Paling beberapa ada tambahan tembelan karena dicakar2 kucing2 iseng lagi ngasah kuku dari beberapa generasi. Karpet, sofa tamu, lemari, meja makan, meja kerja masih sama semua.

Tempat dimana kami sekeluarga ngumpul, dulu aku sering nemenin eyang kakung nonton tv, walaupun aku juga g tau apa eyang kakung ngerti selera tontonan cucunya ini. Tapi kalo eyang putri yang pegang remote tv alamat mending pindah nonton tv di kamar hehe. Gak bisa diganggu.

Dulu saat masih ngumpul semua enak, suasananya rame, walaupun punya kesibukan sendiri2. Eyang putri juga masih demen masak, siplah pokoknya resepnya. Dapur ukuran 4 x 5 meter itu pokoknya dikuasai sendiri lah.

Waktu makan pokoknya di meja tamu udah komplit makanan. Kalo untuk eyang kakung terkadang menunya dibedakan sama eyang putri karena punya riwayat sakit ginjal dari muda. Tapi kadang cucunya juga iseng suka ngasih2 jajanan, dawet, kue, pernah juga dikasih permen kaget (itu loh permen yang kalo diisep meledak2 di mulut). Tetep dimakan juga.hehe kualat lho

Kalo eyang putri mah gak ada yang berani ngerjain, bisa dijewer. Pokoknya eyang putri penguasa rumah itu. Dalam artian yang baik. Galak tapi tetap care.

We love u grandpa n grand ma.

Dulu waktu aku kecil, belum ngikut bapak sama ibu merantau, aku tinggal di rumah itu bareng eyang, om, tante, mas, n saudara angkat. Sedangkan bapak masih menyelesaikan kuliah kedokteran nyambi kerja, ibu nemenin bapak tentunya.

Aku masih menikmati tuh diajak bareng mas juga oleh eyang kakung jalan2, dibeliin jajan, diajakin nonton bola di stadion, dipaksa buat latihan berenang di kolam renang purbaya (bangunanya sih masih ada tapi kayaknya kolamnya ud g ada), dianterin potong rambut langganan, tinggal di villa keluarga di sarangan pas liburan n lain2.

Cuma pada akhirnya aku harus memilih untuk ikut bapak n ibu yang merantau,  karena ternyata aku lebih rindu bersama mereka meski jauh di kampung dan hidupnya pas pasan.

Walaupun tetap saja, saat liburan tiba, aku lebih suka balik ke madiun maen sama mas. Sebenernya sayang juga mas gak ikut merantau, tapi lebih memilih tinggal n sekolah di madiun bersama eyang.

Anyway. We love all of family 💑

Tidak ada komentar:

Posting Komentar